6 Bentuk Rakel dan Fungsinya

Rakel merupakan salah satu perlengkapan utama sablon, rakel terbuat dari karet dengan gagang dari kayu atau aluminium fungsinya untuk mendorong dan menekan tinta pada kain screen sehingga tinta bisa meresap pada pori pori screen dan menempel pada media yang disablon. Menurut bentuknya ujung rakel dibedakan menjadi 6 yaitu:
1. Rakel Lancip
Rakel sablon lancip memiliki dua sisi miring yang simetris dengan ujung rakel yang lancip dan kelihatan tajam. Rakel jenis ini digunakan untuk menyapu atau menggesut tinta di bahan tekstil dan biasanya digunakan untuk menghasilkan detail gambar, seperti menyablon foto orang dengan format raster. Ujung rakel ini dibuat lancip supaya tinta yang digesut bisa masuk dengan banyak dan tipis. Screen sablon yang biasa menggunakan rakel lancip adalah screen T24, T32, T36, T40, T48, T54, T61, T77, dan T90. 

2. Rakel Lancip dengan ujung datar
Rakel ini bentuknya seperti rakel lancip tapi ujungnya datar alias tidak runcing, sehingga dapat menyalurkan tinta lebih banyak. Rakel jenis ini biasanya digunakan untuk menyablon keramik dan kain parasit namun tidak menutup kemungkinan digunakan di bahan teksil yang lain. Mengingat tinta yang dihasilkan sangat banyak maka rakel ini cocok digunakan untuk mendapatkan hasil sablonan yang tebal. Screen yang umum dipakai adalah screen T24 - T48. 

3. Rakel Bulat
Rakel sablon yang mempunyai ujung bulat dan mampu menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak dan tebal. Biasa digunakan untuk menyablon tinta yang berwarna menyala dan kontras misalnya warna rambu-rambu jalan. 

4. Rakel Kotak
Rakel sablon kotak bentuknya datar dengan kedua sudut lancip 90 derajat persis seperti balok. Biasanya digunakan untuk menyablon diatas media kertas dengan tekstur kasar, atau juga bisa digunakan dibahan tekstil dan lainnya seperti plastik, panel listrik dsb yang membutuhkan hasil sablonan yang tajam. Tinta yang biasa disapu dengan rakel ini adalah jenis tinta solventbase. Adapun jenis screen sablon yang cocok adalah T61, T77,T90, T100,T120,T150. 

5. Rakel Tumpul
Rakel sablon tumpul bentuknya hampir sama dengan rakel kotak hanya saja kedua sudutnya tumpul (bisa dilihat di gambar). Rakel ini mampu menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak sehingga baik digunakan untuk bahan kaos, handuk dan selimut. 

6. Rakel Miring
Rakel sablon miring mempunyai satu permukaan yang miring dengan ujung yang lancip. Tinta yang disapu atau dipindahkan dari screen ke media sablon dengan rakel ini biasanya sangat sedikit sehingga sangat cocok digunakan untuk menyablon plastic. Biasanya digunakan untuk mesin sablon karena menyapu dengan 1 arah saja makanya dibuatlah lancip 1 sisi, sedangkan hasil sablonannya tidak jauh beda dengan hasil sablonan menggunakan rakel lancip biasa.

Perlu diperhatikan ketika menyapu tinta saat kita menggunakan rakel posisi tidak boleh bergoyang harus mantap. Untuk memperoleh sapuan yang sempurna anda tentunya harus terus mengasah dan berlatih dan sebenarnya tiap praktisi sablon memiki gayanya sendiri sendiri. Ada banyak teknik yang berbeda untuk bidang cetak yang berbeda beda pula.

PEMESANAN PERLENGKAPAN SABLON SILAKAN HUBUNGI KONTAK DISAMPING

loading...

0 Response to "6 Bentuk Rakel dan Fungsinya"